Hukum

ALIANSI WARTAWAN TOBASA DEMO PT INALUM

TOBASA/BTR

AKSI DAMAI KE PIHAK PT INALUM

AKSI DAMAI KE PIHAK PT INALUM

PERWAKILAN OTORITA KEWALAHAN MEMBERIKAN PEMAPARAN TENTANG DANA

PERWAKILAN OTORITA KEWALAHAN MEMBERIKAN PEMAPARAN TENTANG DANA

Wartawan Kabupaten Toba Samosir adakan Aksi damai kepihak PT INALUM dan Pihak OTORITA ASAHAN di Ambar Halim Kecamatan Pintu Pohan Meranti (Kamis ,7/11). Aksi damai tersebut menamai wadahnya dengan Aliansi Wartawan Toba Samosir yang  berjumlah lima puluh orang, start keberangkatan dari Pusat kota Balige dengan mengendarai sepeda motor dan beberapa mobil  dengan pengawalan   mobil Patwal pihak Polres Tobasa.

Aliansi wartawan Tobasa sebelum mengadakan Aksi Damai,sudah terlebih dahulu melakukan pemberitahuan kepada pihak Polres Tobasa pada tanggal 01 November 2013 dengan komitmen tidak akan melakukan tindakan yang melanggar hukum ataupun anarkis.

Pihak aliansi wartawan memintakan  transparansi dari  pihak PT INALUM terkait Dana Environmental Fund sebesar Rp 772,467 Milyard yang tesimpan di rekening Otorita Asahan sesuai dengan hasil temuan BPK-RI , Dana Uang Muka Program Konservasi Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba sebesar Rp 772,289 juta dan Penyaluran Kredit Pemberdayaan Ekonomi Rakyat sebesar Rp 469,713 Juta yang di duga  tidak tersalurkan kepada masyarakat 10 Kabupaten kota .

Penyampaian  agenda tuntutan terhadap pihak Inalum dilakukan oleh Dedy Tambunan sebagai Orator merangkap sebagai penanggungjawab aksi  ,Hartoyo Sipahutar (koordinasi aksi) dan Ranto Pardede (koordinator Lapangan).  Setelah penyampaian tuntutan ,pihak PT INALUM yang diwakili oleh Hotniati Silitonga ( kepala humas ),Ir Jasli  Damanik (menejer  administrasi  ) dan perwakilan dari pihak Otorita Asahan yaitu Sakkeus Tambun,  mengajak pihak Aliansi wartawan  melakukan diskusi di ruangan aula dengan mengutus  perwakilan sebanyak empat orang,namun pihak Aliansi dengan tegas  menolak bila hanya perwakilan . Dikarekanan datangnya hujan ,pembahasanpun  akhirnya dilakukan di gedung aula PT Inalum.

Pihak Aliansi Wartawan Tobasa sangat kecewa dengan semua pemaparan yang dilontarkan oleh perwakilan Otorita Asahan dan pihak PT Inalum,dimana pihak Otorita Asahan yang diwakili Jakkeus Tambun tidak bisa memaparkan secara rinci dan hanya bisa memakai kalimat “KATANYA”, padahal pihak aliansi dari awal sudah menjelaskan maksud dan tujuan aksi damai tersebut. Pihak Otorita Asahan terlihat kebingungan saat mencoba menjelaskan terkait dana  milyaran rupiah itu dan pihak otorita selalu berdalih untuk memintakan  petunjuk dari pimpinan pusat di Jakarta.

PT Inalum dan Otorita Asahan berjanji akan memberikan dan memaparkan semua tuntutan Aliansi Wartawan Tobasa di pertemuan berikutnya,dan pihak Otorita berjanji akan menghadirkan pimpinan mereka dalam waktu dekat . Kami akan mengundang Bapak bapak sekalian di pertemuan berikutnya,pihak polres lah sebagai saksinya ‘tegas Jasli Damanik.

Aliansi Wartawan dan pihak PT Inalum dan Otorita Asahan sepakat untuk mengadakan pertemuan kembali dengan catatan  pihak USPIDA PLUS Kabupaten Tobasa ikut di dalamnya. Dan bila kesepakan itu di ingkari oleh pihak perusahaan ,maka Aliansi Wartawan Tobasa sepakat untuk melakukan Aksi yang lebih besar lagi,dan bahkan Aliansi Wartawan menegaskan ke pihak perusahaan,bila pertemuan yang akan datang juga mengalami kegagalan,maka pihak Aliansi akan membuat laporan resmi kepada pihak Penyidik TIPIKOR terkait aliran Dana tersebut. (JS-01)

Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s