Hukum

Penggugat Sengketa Tanah bersama LSM LMPHP Minta Keadilan ke PN Balige

BOKAS/TOBASA

Kasus dugaan penyerobotoan sebidang tanah seluas 1 ha yang dilakukan oknum pengusaha sukses berinisial HWH  di Desa Lumban Hutahaean Simatipang Dolok Kecamatan laguboti Kabupaten Toba Samosir yang terjadi sejak Tahun 2011 hingga saat ini belum ada titik terangnya. Sebelumnya kasus ini dilaporkan kepihak Polda Sumatera Utara LP nomor LP/476/VIII/2011/SPKT tertanggal 08 Agustus 2011 tentang tindak pidana perampasan hak milik sebagaimana dimaksudkan pada pasal 385 KUHPidana.

Menurut Martin.M. Hutahaean sebagai penggugat bersama dengan saudara-saudaranya ,pihak penyidik menyarankan agar pihak penggugat menempuh jalur hukum secara perdata ke Pengadilan Negeri Balige untuk mengetahui siapa sebenarnya yang berhak atas sebidang tanah tersebut.

Martin Hutahaean didampingi  LSM Lembaga Monitoring Politik,Hukum dan Pembangunan (LMPHP) (Rabu,29/5/13) mendatangi kantor Pengadilan  Negeri Balige untuk menyerahkan Surat Permintaan atau permohonan Keadilan dan penegakan Supremasi Hukum terkait kasus lahan tersebut ,pihak PN Balige menyambut baik kedatangan  LSM LMPHP dan berkas tersebut diterima oleh Dewi Siahaan.

Ketua LSM   LMPHP Anton Sardion Pasaribu mengatakan,saya memohonkan  melalui surat kami,agar putusan PN Balige tentang penyerobotan lahan di desa Simatipung hutahaean didasari dengan bukti bukti dan fakta hukum,jangan berpihak kepada yang tidak benar yang tidak memiliki bukti bukti dan fakta hukum ataupun alas hak ‘tegasnya.

Ketua LSM   LMPHP Anton Sardion Pasaribu  menegaskan,kasus ini akan tetap dikawal dan dimonitoring,dimana pihak lembaga kami mempunyai wewenang dalam kasus ini dengan dilandasi Surat Kuasa penggugat Martin Hutahaean kepada LSM LMPHP tertanggal 16 Mei 2013.

Tanah seluas 1 ha tersebut akan kami perjuangkan,karena itu adalah hak milik kami yang sudah diwariskan para leluhur  dari zaman dulu sampai sekarang,kami tidak rela tanah kami dirampas oleh siapapun  tegas Martin . Martin juga menyayangkan ,hingga saat ini surat sertifikat atas tanah tersebut belum terbit,namun diatas tanah tersebut sudah berdiri bangunan permanen yang dilakukan pihak pembeli lahan berinisial HWH,lalu bagaimana pihak perizinan Kabupaten Tobasa bisa menerbitkan IMB ,menurut sepengetahuan saya hal itu tidak bisa terlaksana sebelum sertifikat diterbitkan’tegas Martin dengan nada kesal.

Menurut Martin Hutahaean sebagai penggugat , Tentang jual beli dan kepemilikan tanah tersebut tertanggal 24 januari 2011 yang dilakukan oleh Oloan Hutahaean yang mengklaim sebagai pemilik tanah dan menjual tanah tersebut kepada pengusaha sukses berinisial HWH ,menurut kami tidak mempunyai kekuatan hukum dengan alasan bahwa saudara Oloan Hutahaean dalam proses penjualan tanah tersebut diatas tidak mempunyai alas hak yang sah dari keluarga keturunan Op.Bindu ,juga tidak mempunyai tanda tangan dari pihak saksi-saksi keturunan Op.Songgopan dan Raja Tauan serta orangtuanya sebagai surat keterangan alas hak kepemilikan.

Martin juga menegaskan,dimana Notulen rapat yang diadakan 30 januari 2011  yang telah di leges dan diberi materai adalah rekayasa dengan alasan  Wasinton Hutahaean dan Anggiat Hutahaean berperan sebagai mediator,Turman Hutahaean sebagai Notulis dan kepala desa sebagai pemerintah yang mengetahui tidak terdapat nama dan tanda tangan mereka bertiga pada daftar hadir yang berjumlah 37 orang tersebut.

Saya tidak akan tinggal diam,bila keputusan PN Balige tidak berpihak pada kebenaran,maka saya berharap pihak PN Balige lebih teliti dan cermat dalam mengambil suatu keputusan,hal ini demi kebaikan keduabelah pihak yang masih diikat tali persaudaran satu sama lain,dan saya juga memintakan kepada pihak BPN Kabupaten Toba Samosir untuk lebih hati hati dan teliti didalam menerbitkan sertifikat tanah agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan dikemudian hari’tegas Martin.   ( JS-01)

Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s