Pendidikan

DIKNAS BERHARAP AGAR SISWA TIDAK PANIK JELANG “UN”

  • Diknas Tobasa Siap Melaksanakan UN

 

Balige, BTR

Kabupaten Toba Samosir (Tobasa-Red) telah mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan sebentar lagi. Secara Teknis Dinas Pendidikan sudah siap melaksanakan UN di Tobasa.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Tobasa, Dra Mariani Simorangkir MPd kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (27/3). Menurutnya, ada dua hal persiapan yang dibenahi sebelum UN berlangsung. Yaitu persiapan teknis pelaksanaan dan melakukan persiapan bagi siswa untuk menghadapi UN.

Dari segi teknis, Diknas Tobasa telah melakukan persiapan sesuai petunjuk teknis (Juknis) yang ada. Mulai pendataan peserta UN  dari tingkat SD/SMP dan SMA, persiapan rencana ruang kelas ujian sampai pada pengamanan naskah soal UN dan pengamanan juga pengawasan  saat UN berlangsung.

Untuk persiapan siswa, dibeberapa sekolah telah dilakukan semacam try out sebagai percobaan UN bagi siswa. Sehingga pada saat UN berlangsung, para siswa tidak lagi merasa canggung. Ada juga yang melakukan les tambahan untuk membahas soal-soal ujian yang diprediksi paling tidak bisa mirip dengan soal UN nanti.

Mariani juga menghimbau dan mengharapkan , agar anak siswa siswi  di seluruh sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Tobasa tidak merasa tegang dan panik di dalam menghadapi UN yang sudah diambang pintu,maka dari itu sangat diharapkan peranan dari para orang tua murid untuk mengawasi dan mengarahkan anak-anaknya , Agar si Anak benar-benar fokus untuk menghadapi UN tersebut.

Dijelaskan Mariani, jumlah peserta UN di Tobasa adalah sekitar 11.946 orang yang terdiri dari siswa SD 4256 orang, siswa SMP/MTS 3766 orang dan siswa SMA 2169 orang serta siswa SMK 1755 orang.

Sebelumnya, pihak Diknas Tobasa juga sudah mengirimkan beberapa nama-nama siswa yang diusulkan untuk mengikuti program masuk perguruan tinggi dari jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK).

Bahkan Dinas Pendidikan Tobasa juga telah melakukan kerjasama dengan salah satu unit Bimbingan Tes untuk bimbingan masuk perguruan tinggi negeri dari jalur Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).

Untuk itu, Mariani merasa sangat Optimis pelaksanaan UN di Tobasa dapat berlangsung dengan sukses dan keberhasilan siswa dalam menghadapi UN persentase kelulusan yang tinggi. “Saya sangat optimis pelaksanaan UN dan persentase kelulusan siswa di Tobasa tinggi ,saya juga mengajak Insan Pers turut serta bekerjasama untuk mengawasi juga memantau demi suksesnya UN di Pemkab Tobasa ” kata Mariani. (JS-01)

Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s